Home Budaya Selangkah Menuju Tapak Tilas Pahlawan Beksi Petukangan

Selangkah Menuju Tapak Tilas Pahlawan Beksi Petukangan

71
0
Suasana Kordinasi di Ruang Lurah Petukangan Utara (Foto: YKSP)
Suasana Kordinasi di Ruang Lurah Petukangan Utara (Foto: YKSP)

Jakarta, Kampung Silat – Pada Senin, 9 November 2020 langit di Kampung Budaya Beksi Petukangan terlihat cerah mengiringi perjalanan pegiat Yayasan Kampung Silat Petukangan menuju kantor Kelurahan Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Perjalanan tersebut dengan maksud menemui Fahrul Hertanto selaku Lurah Petukangan Utara untuk koordinasi perihal Tapak Tilas Pahlawan Beksi Petukangan yang rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, 14 November 2020.

Kegiatan yang sangat istimewa tersebut akan dihadiri langsung oleh Iwan Henry Wardhana selaku Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta beserta jajarannya. Selain itu pula dalam rangka memperingati hari pahlawan pada 10 November mendatang.

Dalam koordinasi tersebut, Fahrul Hertanto selaku Lurah Petukangan Utara langsung menyambut baik kegiatan ini dan siap mensuport dalam rangka mengenalkan “ikon” budaya masyarakat Petukangan yakni Silat Beksi.

“Secara historis keberadaan silat beksi di Petukangan terus terawat dan lestari secara turun-temurun, sehingga Petukangan ini layak ditetapkan sebagai Kampung Budaya Beksi,” jelasnya.

(Foto: YKSP)

Turut hadir dalam koordinasi tersebut diantaranya Naupal Haryawan selaku Ketua Umum Kampung Silat Petukangan, Erpie Nafis, Jenderal (sesepuh) Beksi Petukangan, Abdul Aziz dan Jajang selaku pegiat Kampung Budaya Beksi Petukangan.

Senada dengan itu, Naupal Haryawan mengatakan bahwa Beksi di Petukangan sangat jelas nasab dan sanadnya. Bahkan, jejaknya pun hingga kini masih dapat terlihat dengan nyata dan jelas.

“Seperti makam 5 tokoh/pahlawan Beksi Petukangan ada H. Godjalih, H. Hasbullah, Kong Simin, Kong Noer, Mandor Minggu. Demikian juga pergerakannya pun masih ada, seperti saksi sejarah hidup hingga kini yakni Baba E.M Nafis yang selalu mendampingi perjalanan Beksi di Kampung Petukangan,” pungkasnya.

Selanjutnya perihal teknis acara dan rundown telah dibicarakan bersama, tinggal menunggu hasil dari koordinasi dengan pihak Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Kemudian pegiat Kampung Silat Petukangan dan pemerintah setempat dalam hal ini pihak kelurahan pun berharap semoga acara nanti berjalan lancar dan Kampung Budaya Beksi Petukangan segera terwujud.

“Dalam kegiatan nanti juga Kadisbud akan menjajal kuliner khas masyarakat Petukangan yang masih terjaga keasliannya dari nasi uduk, sampai sayur asem,” tambah Naupal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here