Home REHAT Tapak Tilas Ziarah Makam Tokoh Pejuang Silat Beksi Mandor Minggu

Tapak Tilas Ziarah Makam Tokoh Pejuang Silat Beksi Mandor Minggu

Oleh: Risma Amelia

37
0
Batu Nisan Makam Tokoh Pejuang Alm Mandor Minggu
Batu Nisan Makam Tokoh Pejuang Alm Mandor Minggu

Jakarta Kampung Silat – Dimasa pandemi Covid-19 ini yang terus saja berlarut-larut melanda dunia, khususnya di Provinsi DKI Jakarta dengan PSBB 1-2 tetap berjalan.

Namun demikian, tidak menyurutkan semangat para penggiat silat Beksi Petukangan untuk tak henti “bertakzim” kepada para tokoh/pejuang silat Beksi Petukangan yang telah tiada.

Terlihat bahwa pada Minggu, 11 Oktober 2020 Perguruan Silat Beksi Seset Petir dibawah asuhan Baba Misin melakukan tapak tilas ziarah makam Mandor Minggu. Silat Beksi Seset Petir bersandar kepada nasab dan sanad silat Beksi Petukangan melalui almarhum Mandor Minggu diturunkan kepada almarhum Kong Rosib diturunkan kepada Baba Misin.

“Jadi secara sanad silat Beksi Mandor Minggu, saya adalah generasi ke 3,” ungkap Baba Misin dengan penuh takzim disela tapak tilas ziarah makam Mandor Minggu di Jl. Anggrek 1 Petukangan Utara Pesanggrahan Jakarta Selatan.

Menurutnya bahwa kegiatan ini rutin dilakukan oleh keluarga Besar Silat Beksi Seset Petir, dengan tujuan mengenang kembali tokoh/pejuang silat Beksi Petukangan.

“Napak Tilas ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada murid-murid Silat Beksi Seset Petir untuk terus semangat berlatih dan mengembangkan Silat Beksi agar tidak ditelan jaman,” pungkasnya.

Kegiatan tapak tilas tersebut diisi dengan tawassul kepada 5 tokoh/pejuang Silat Beksi Petukangan (H. Godjalih, H. Hasbullah, Kong Simin, Kong Noer, Mandor Minggu). Setelah ziarah ke makam almarhum Mandor Minggu, rombongan berlanjut silatutahim ke rumah Baba Hasanudin anak alm. Mandor Minggu di JL. Anggrek RT. 002/05 No. 7 Petukangan Utara Pesanggrahan Jakarta Selatan.

Keluarga Besar Alm Mandor Minggu

Dikesempatan tersebut Baba Hasanudin menerima dengan antusias dan mengatakan bahwa disini Kampung Petukangan ada sejarahnya Silat Beksi secara turun-temurun, khususnya Silat Beksi Mandor Minggu.

“Alhamdulillah, sampai sekarang masih aktif dan saya sebagai anak dari alm. Mandor Minggu sangat bangga sekali bahwa Silat Mandor Minggu masih sangat aktif dan terus lestari,” tuturnya dengan penuh rasa takzim.

Ditambahkannya bahwa kami Keluarga Besar almarhum Mandor Minggu mengucapkan terima kasih, khususnya kepada Silat Beksi Seset Petir Mandor Minggu asuhan Baba Misin.

“Yang sudah menyempatkan untuk berkunjung silaturahmi ke makam dan ke rumah saya,” imbuhnya.

Keluarga Besar Silat Beksi Seset Petir berharap hal ini sebagai bentuk realitas keberadaan Kampung Silat Beksi Petukangan kepada publik. Selain itu, semakin “membumikan” lahirnya Silat Beksi itu di kampung Petukangan.

Akhir kata bahwa “tak ada gading yang tak retak” kami mengucapkan salam BEKSI “Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here