Home REHAT GENERASI MUDA BETAWI WAJIB MENGENAL KHAZANAH BUDAYA SILAT BEKSI

GENERASI MUDA BETAWI WAJIB MENGENAL KHAZANAH BUDAYA SILAT BEKSI

Oleh: Abdul Aziz

89
0
Foto: Aziz
Foto: Aziz

Jakarta, Kampung Silat – Marsha Putri mengaku tidak terasa telah 6 (enam) tahun berjalan, sejak tahun 2014 hingga tahun 2020 mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Beksi di Pusat Perguruan Silat (PPS) Beksi H. Hasbullah Jl. H. Maisin No. 18 RT. 002/03 Petukangan Utara Pesanggrahan Jakarta Selatan.

“Diklat Beksi tersebut langsung dibawah asuhan Baba M. Soleh anak kandung alm H. Hasbullah dan Bang Jumardi Akis yang sungguh sabar dalam membimbing kami,” ungkapnya kepada kampungsilat.com pada Kamis, 23 Juli 2020 dikediamannya Jl. HOS. Cokroaminoto, Gang. Harapan II, Cipadu, Larangan, Tangerang, Banten.

Menurutnya bahwa selama ini mengikuti Diklat Beksi tidak pernah merasakan lelah dan capek. Karena latihan Beksi itu, alhamdulilah sudah menjadi hobi dan suatu kewajiban bagi generasi muda Betawi untuk mengenal secara langsung seni budayanya, khususnya Beksi.

“Beksi jadi hobi saya karena saya tidak suka olahraga, lalu kemudian saya jadikan latihan Beksi sekaligus berolahraga dan mengenal seni budaya Betawi” pungkasnya.

Dijelaskannya bawal awalnya berlatih beksi itu memang lelah dan capek, tapi bila sudah terbiasa akan membuat ketagihan dalam berlatih Beksi. Sebab Beksi merupakan salah satu seni bela diri orang Betawi. Beksi adalah singkatan yang dapat diartikan sebagai berikut : “Berbaktilah Engkau Kepada Seruan Ilahiā€ dan bisa juga ‘Berbaktilah Engkau Kepada Sesama Insan,” jelasnya.

Selain itu, selama mengikuti Diklat Beksi dalam 6 (enam) tahu terakhir ini telah banyak kegiatan dan prestasi yang kami lakukan dan raih. Telah banyak kegiatan yang kami ikuti, seperti contohnya adalah perlombaan Beksi, silaturahmi antar Beksi, palang pintu , nandak di depan Gubernur DKI Jakarta dan banyak lagi yang lainnya.

Foto: Aziz

“Lomba Beksi pertama kali meraih juara itu di tahun 2018. Palang pintu seringkali, tapi lupa tahun berapa dan ketemu Gubernur Provinsi DKI Jakarta sewaktu kegiatan di Puri Beta,” tegasnya.

Disamping itu, kami juga telah meraih Juara Umum Festival Silat Beksi, Juara 1 Festival Silat Betawi tingkat kecamatan, juara 1 sambut jurus Beksi , juara 2 dan
banyak mendapatkan sertifikat serta piagam seni budaya Betawi.

Ada juga sertifikat juara 1 tingkat kecamatan, sertifikat juara 1 sambut , sertifikat juara umum, sertifikat rekor muri 24 jam non stop.

Dengan demikian kita sebagai generasi muda Betawi menjadi “wajib hukumnya” untuk dan harus mempunyai semangat membina, mengembangkan, melestarikan, memanfaatkan seni budaya Betawi, khususnya Beksi karena kita patut bangga mempunyai khazanah budaya bela diri (Beksi) yang asli Betawi yang sangat bagus dan unik.

“Sikap tersebut tentunya bukan untuk mencari juara, tapi untuk meningkatkan motivasi terhadap para peserta yang mengikuti kegiatan,” harapnya.

Ditambahkannya bahwa diharapkan dengan berlatih Beksi dapat menjadikan generasi muda bisa dibina mentalnya, agar kreatif dalam mengembangkan sumber daya manusia yang lebih unggul.

“Dan bisa mengembangkankan budaya Beksi di kalangan masyarakat luas,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here