Home LIPUTAN SUDIN KEBUDAYAAN JAKSEL SOSIALISASI PENDATAAN SANGGAR SENI BUDAYA MELALUI WEBSITE ONLINE

SUDIN KEBUDAYAAN JAKSEL SOSIALISASI PENDATAAN SANGGAR SENI BUDAYA MELALUI WEBSITE ONLINE

150
0
Foto bersama setelah kegiatan sosialisasi (Foto: Rido)
Foto bersama setelah kegiatan sosialisasi (Foto: Rido)

Jakarta, Kampung Silat – Kebudayaan yang sejatinya milik masyarakat merupakan khasanah lokal yang harus dirawat dan dilestarikan supaya generasi selanjutnya dapat merasakan dan melestarikan kembali sekaligus karena menggambarkan identitas suatu bangsa.

Sanggar seni budaya merupakan salah satu cara menjaga dan melestarikan kebudayaan. Dinas Kebudayaan DKI Jakarta yang memiliki wewenang dalam hal kebudayaan lokal khususnya DKI Jakarta salah satunya melakukan sosialisasi pendataan sanggar secara online melalui website bekerjasama dengan Suku Dinas Kebudayaan di tiap kota seperti yang terlihat pada Selasa, 18 Agustus 2020 di Balai Latihan Kesenian (BLK) Asem Baris, Jakarta Selatan.

Sosialisasi pendataan secara online yang terakhir Disbud DKI di Sudin Kebudayaan Jaksel ini merupakan yang terakhir setelah berkeliling di tiap Sudin Kebudayaan yang tersebar di Jakarta. Kasudin Kebudayaan Jaksel menilai bahwa langkah yang diambil Disbud DKI ini cukup strategis.

“Sosialisasi ini sangat bagus selain dalam rangka silaturahmi, ini juga memudahkan dalam pendataan sanggar sehingga tanpa harus tatap muka bisa dilakukan secara online,” ujar Puspla DirDjaja selaku Kasudin Kebudayaan Jaksel dalam keterangannya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para komunitas sanggar yang tersebar di Jakarta Selatan. Bang H. Hendy, perwakilan dari sanggar Arrominia mengatakan bahwa kegiatan ini cukup baik karena mendata ulang sanggar-sanggar seni budaya.

“Selama ini banyak sanggar-sanggar yang hanya nama saja tapi keberadaannya tidak ada. Disinilah pentingnya pendataan ini apalagi secara online yang dikelola oleh dinas jadi diawasi langsung,” kata Bang H. Hendy.

Dalam website pendataan online, para komunitas sanggar harus mengupload bukti keberadaan sanggar, profil sanggar, prestasi, penghargaan, hingga profil para pemainnya. Jika sudah mengupload, untuk sementara para sanggar harus mengkonfirmasi langsung kepada Sudin Kebudayaan masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here