Home KULINER MENELUSURI RUMAH MAKAN ULUJAMI KHAS BETAWI

MENELUSURI RUMAH MAKAN ULUJAMI KHAS BETAWI

230
0
Foto: Kodir
Foto: Kodir

Jakarta, Kampung Silat – Berbicara kampung Betawi, nama Ulujami tentu tidak asing bagi masyarakat asli Betawi di Jakarta. Daur hidup masyarakat dan keseniannya masih melestarikan budaya aslinya. Salah satunya dari segi kuliner atau masakan khas Betawi yang sangat mudah ditemui.

Rumah Makan Ulujami milik ibu Dupyati yang terletak di Jl. Swadarma Raya, Jakarta Selatan inilah salah satunya. Rumah makan ini memang terbilang belum lama berdiri, namun pelangganya sudah banyak bahkan datang dari luar daerah Ulujami seperti Joglo, Petukangan, hingga Kebon Jeruk.

“Rumah makan ini baru empat tahun berdiri sejak tahun 2016” terang Dupyati atau kerap disapa Mpok Yati ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Keluarganya merupakan asli Betawi Ulujami. Dengan dibantu suami dan anak-anaknya Rumah Makannya mulai buka pukul empat sore hingga sebelas malam. Inisiatif membuka rumah makan khas Betawi sendiri merupakan ide pribadinya.

“Emang saya hobi masak karena keluarga besar kebanyakan juga tukang masak. Awalnya dulu di catering, terus punya ide bikin usaha sendiri ya Alhamdulillah nih ampe sekarang,” ujarnya.

Menu yang disajikan pun beragam, mulai dari soto Betawi, sop khas Betawi, nasi uduk hingga ketupat sayur. Berkat kegigihannya dalam berusaha, rumah makannya telah memiliki banyak pelanggan. Harganya pun terjangkau mulai dari 15 ribu – 30 ribu per porsinya.

“Ya kalo kerjaan emang hobi, mau bagaimana pun kondisinya enak aja jalaninnya,” ucap Mpok Dupyati yang berusia 54 tahun dan memiliki tiga orang anak.

Meski kini sedang dilanda wabah virus Corona, usahanya tetap buka namun tidak bisa makan di tempat demi mencegah penularan virus. Alhasil harus dibungkus dan dinikmati di rumah. Selain datang langsung membeli, pembeli juga dapat memesan secara online melalui aplikasi gofood dan sejenisnya. Dijamin nikmat dan bikin puas membelinya.

(Kodir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here